Tensi Serangan Cyber Memanas

Tensi perang cyber dengan tujuan membobol jaringan komputer negara lain disinyalir semakin panas. Beberapa negara disebutkan mulai mempersiapkan perangkat perang cyber-nya.

Serangan dunia maya beruntun belum lama ini yang menimpa sistem komputer berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris dan Perancis yang diduga dilakukan Cina adalah contohnya.

“Negara seperti Cina menyadari bahwa daripada membentuk pasukan mata-mata dengan merekrut banyak orang, mereka bisa melakukan hal sama dengan ongkos lebih murah lewat serangan cyber,” sebut Ned Moran dari Terrorism Research Center (TRC).

TRC juga menuturkan bahwa serangan beruntun tersebut memang berasal dari negeri Cina. “Anda bisa mendeteksi polanya datang dari negara dan jaringan yang sama dengan teknik yang mirip,” imbuh Moran seperti dikutip detikINET dari AFP, Rabu (12/9/2007).

Beroperasi secara diam diam dengan metode tertentu, para penyerang cyber ini melakukan aksinya dengan mengidentifikasi orang-orang penting di organisasi target dan mengirim email palsu untuk membobol jaringan. Menurut Moran, sekali mereka bisa masuk jaringan lewat cara ini, mereka akan mulai mencari informasi berharga secara diam diam.

“Negara-negara mulai mencari kemungkinan bagaimana perangkat perang cyber bisa menolong mereka mencapai tujuan seperti kegiatan spionase hingga terkait masalah embargo ekonomi,”

Taken From: http://www.detikinet.com/

~ by gedemahendra on September 14, 2007.

 
%d bloggers like this: